Trik Menyatukan Foto dengan Background Baru

Berikut hasil yang diharapkan dari penerapan cara menyatukan foto dengan background baru menggunakan foto dari artikel cara membuat seleksi dan masking rambut.
Final Result

Step by Step Cara Menyatukan Foto dengan Background Baru

1. Memilih Background Baru

Agar foreground dapat terlihat menyatu dengan background baru, kita harus memperhatikan beberapa aspek berikut dalam memilih gambar background, yaitu:
  • Sudut cahaya (light angle) yang sama.
  • Sudut pengambilan gambar atau foto yang sesuai.
  • Kualitas gambar atau foto yang berimbang.
  • Kesesuaian kontras.
  • Kesesuaian warna.
Dua aspek pertama, yaitu sudut cahaya dan sudut pengambilan gambar merupakan aspek yang sangat krusial, karena umumnya sangat sulit untuk mengubah keduanya dalam Photoshop. Sedangkan aspek lainnya dapat kita edit atau sesuaikan dengan Photoshop.

Dengan memperhatikan syarat-syarat di atas, diharapkan kita dapat menghasilkan gambar yang tampak sangat menyatu dengan background baru.
Catatan! Para profesional umumnya melakukan perencanaan dengan memperhatikan aspek-aspek di atas sebelum memotret gambar untuk keperluan mengganti background

2. Menempatkan Background Baru

Buka menu File » Place dan browse ke file yang hendak dijadikan background baru. Lakukan resize (bila perlu) sambil menahan tombol ALT + SHIFT hingga background memenuhi seluruh Canvas lalu klik kanan pada background dan pilih Flip Horizontal untuk menyesuaikan sudut cahaya.
Place New Background
Catatan! Kami memilih cara File » Place karena perintah ini akan selalu mempertahankan kualitas foto berdasarkan informasi asli.

2. Menyesuaikan Kontras dan Warna

Ada banyak cara untuk menyesuaikan kontras dan warna antara foreground dan background baru ini. Di sini kami hanya menggunakan Curves untuk melakukan penyesuaian.
Pilih menu Layer » New Adjustment Layer » Curves. Dari jendela Curves aturlah kontras dan warna agar lebih sesuai dengan foreground.
Berdasarkan foto foreground, untuk menyesuaikan kontras kita perlu sedikit menurunkan nilai Midtone to Shadow dan mengunci nilai dari Midtone to Highlight. Untuk penyesuaian warna, kita naikkan sedikit Midtone pada Red Channel dan turunkan Midtone dari Blue Channel.
Adjust Curves
Catatan! Pada gambar di atas, penyesuaian red up dan blue down dilakukan dari masing-masing channel.
Berikut hasil penyesuaian kontras dan warna ini. Pada area rambut, sisi leher dan beberapa area lain terlihat color spill dari foto asli. Color Spill adalah refleksi warna dari background yang terletak pada sisi dari foreground. Color spill inilah yang sering membuat foto tampak tidak menyatu jika diganti backgroundnya.
Curves Result & Color Spill
Trik untuk membuat foto lebih menyatu dengan background baru adalah membuat color spill dari background baru.

3. Membuat Color Spill

Matikan dulu Layer Foreground (klik icon mata), lalu gabungkan semua Visible Layer dengan menekan tombol CTRL + ALT + SHIFT + E. Tempatkan Layer gabungan (merged) ini di atas Layer Foreground.
Merge Visible
Aktifkan lagi Layer Foreground (klik icon mata), lalu tahan CTRL dan klik pada mask untuk me-load seleksi dari layer ini. Tekan CTRL + SHIFT + I untuk membalik seleksi lalu klik Add Layer Mask pada Layer merged. Sampai di sini sebagian besar Color Spill dari background asli telah berhasil dikurangi.
Fix Color Spill 1
Color spill umumnya tampak seperti gradasi dari foreground ke background. Kita dapat membuat gradasi yang sama pada mask dengan bantuan blur.
Klik pada Mask dari Layer merged, lalu pilih menu Filter » Blur » Gaussian Blur. Di sini kami menggunakan nilai Radius 5. Anda dapat mencoba bereksperimen dengan nilai Radius lainnya untuk hasil yang berbeda.
Fix Color Spill 2

Agar color spill benar-benar merupakan color (warna) dari background baru, kita dapat melakukan trik berikut. Buat duplikat layer merged dengan menekan CTRL + J, lalu ganti Blend Mode menjadi Color.
Fix Color Spill 3
Teknik Color Spill ini dapat anda gunakan pada semua gambar yang lain, dan terbukti hasilnya memang dapat membuat foto atau gambar dapat terlihat lebih menyatu dengan background baru.

Berikut tampilan before dan after dari tutorial ini. Kita akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika menggunakan foto asli dengan kualitas yang lebih tinggi, dimana detil rambut dapat tertangkap lebih baik oleh kamera. Perencanaan dan eksekusi yang baik juga sangat membantu dalam membuat background tampak lebih menyatu. 
Before vs After
Demikian tutorial trik menyatukan foto dengan background baru yang merupakan lanjutan dari artikel cara seleksi dan masking rambut. Semoga sedikit ilmu ini dapat bermanfaat bagi kita bersama.
 
 
Sumber: http://photoshopdi.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat dreamatic dengan photoshop

Shiny Lock Icon Design Tutorial

Manipulating a WW2 Fighter Aircraft